-->

Cara Menulis Artikel Di Blogspot Bagi Pemula



Cara Menulis Artikel Di Blogspot Bagi Pemula  - TauTutor. Bagi anda yang telah membuat blog di blogspot, dan memiliki blog blogger.  Dan setelah itu, pastinya kalian semua ingin menulis artikel di blog.

Baik itu menulis artikel di wordpress ataupun di blogspot. Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah cara menulis artikel di blogspot, bukan di blog wordpress.

Bagi seorang blogger, menulis artikel sangatlah penting. Karena, sebagian besar kegiatan blogging adalah menulis artikel dengan baik dan benar.

Menulis artikel di blog sangatlah mudah. Namun, untuk sebagian pemula dan newbie, masih ada yang kurang begitu paham akan bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di Blogspot

Untuk pemula yang sudah memiliki blog sendiri dan ingin sesegera mungkin menulis artikel. Mimin akan menyajikan postingan ini, yang dikhususkan untuk pemula yang memang ingin menulis artikel di blog blogspot.

Yang dimana postingan ini, mimin sajikan secara lengkap dari langkah – langkah menulis artikelnya, sampai pengenalan fungsi tombol – tombol pada menu halaman editor blog.
Ok, untuk yang pertama

Langkah Awal Menulis Artikel Di Blogspot


1. Buka www.blogger.com kemudian login untuk masuk kea akun blogger agan.

2. Setelah itu klik icon pena, untuk memulai menulis artikel di blogspot.


3. Jika agan telah menekan tombol pena tersebut. Agan akan dialihkan ke halaman post editor blog.


Nah, disini mimin akan menjelaskan secara detail dan lengkap tentang fungsi dari gambar icon – icon yangm mana, icon tersebut semuanya hampur sam seperti yang ada di dalam Ms.Word

Untuk lengkapnya, coba simak
apa saja sih fungsi icon-icon yang terdapat dalam fitur post editor di blogspot ?

pertama – tama, untuk menulis judul, mempublikasikan, dll

Lihat gambar di atas, di situ mimin sudah memberikan nomer untuk setiap bagian icon yang ada. Jadi untuk penjelasannya, silahkan simak keterangan yang gambar berikut.


KETERANGAN :
1. Kotak ini berfungsi untuk memberikan judul pada artikel yang akan agan buat
2. Publikasikan : digunakan untuk mempublikasikan artikel yang sudah agan buat, jadi jika agan sudah selesai menulis artikel, agan bisa pencet tombol publikasikan.
3. Simpan : untuk menyimpan artikel yang sudah agan buat. Dalam tombol ini, agan yang tidak ingin mempublikasikan / mengunggah ke internet terlebih dahulu, agan dapat menyimpannya sebagai draft, yang nantinya bisa agan edit dan publikasikan sewaktu – waktu.
4. Pratinjau : tombol ini berfungsi untuk melihat hasil postingan sebelum dipublikasikan yang nantinya akan muncul di blog. Biasanya untuk melihat, apakah masih ada kesalahan pada penulisan atau tidak.
5. Tutup : untuk menutup tab halaman untuk menulis, “post editor”.


Nah, jika agan sudah paham dengan keterangan yang di atas, maka selanjutnya kita akan lihat keterangan pada tab berikutnya yaitu post editor.


Untuk post editor ini, icon dan tombolnya sangat banyak. Untuk itu simak penjelasan sesuai nomor urut pada gambar.

KETERANGAN POST EDITOR :
1. Compose : tombol ini berfungsi untuk menulis artikel dalam bentuk teks seperti pada saat agan menulis di ms.word.
2. HTML : dalam tombol ini kita dapat menulis artikel dalam bentuk script, html seperti code.
3. Undo : untuk membatalkan atau mengembalikan penulisan artikel, jika terjadi kesalahan.
4. Redo : untuk memajukan penulisan artikel / bisa juga dibilang sebagai kebalikan dari Undo.
5. Font : dalam tombol bersimbol F ini digunakan untuk memilih jenis font atau gaya huruf yang anda sukai, caranya ; blok atau select kalimat yang ingin diubah fontnya, lalu tekan tombol F(font), dan pilih jenis font yang agan inginkan.
6. Text size : disimbolkan dalam bentuk T, dan berfungsi untuk mengatur ukuran (besar/kecil) huruf maupun kata dengan cara yang sama seperti cara di atas.
7. Normal : berfungsi untuk mengatur tingkat kepentingan heading.
8. Bold : digunakan untuk menebalkan tulisan yang diinginkan.
9. Italic : untuk memiringkan tulisan atau membuat tulisan miring.
10. Underline : berfungsi untuk menggaris bawahi sebuah tulisan.
11. Strikethrough : untuk membuat coretan pada tulisan.
12. Text Color : tombol ini berfungsi untuk memberi warna pada sebuah tulisan sesuai keinginan, terdapat banyak warna, seperti warna dasar ; merah, hijau, kuning, biru, orange, hitam, putih dan warna yang lain, bahkan bisa juga membuat warna sendiri.
13. Text background color : berfungsi untuk member warna background pada text.
14. Link : atau bisa juga disebut sebagai insert link, yang berfungsi untuk memasukkan link pada sebuah tulisan, yang akan mengarah pada sebuah link/url yang akan dimasukkan.
15.  Insert Image : dalam tombol ini, agan bisa gunakan untuk mengunggah gambar (upload image). kedalam artikel agan.
16. Insert video : digunakan untuk mengunggah video kedalam postingan, bisa juga mengunggah dari koleksi pribadi atau juga dari youtube.
17. Jump Break : digunakan untuk memotong artikel pada halaman utama blog (beranda), agar posting yang muncul pada homepage tidak terlalu panjang dan juga enak untuk dipandang. Tapi banyak blogger yang tidak menggunakan fungsi tombol ini, kebanyakan mereka menggunakan “auto Read More” untuk merapikan tampilan postingan di homepage.
18. Alignment : untuk merapikan, meratakan atau mengatur posisi dimana artikel berada ; rata kanan, rata kiri, rata tengah.
19. Numbered List : untuk memberi penomoran pada artikel secara otomatis.
20. Bullets : untuk memberi tanda bullet (symbol) dalam list artikel.
21. Quote : digunakan untuk member sebuah tanda, seperti petikan yang akan mengarah ke tengah. Biasanya digunakan untuk member tanda pada sebuah kalimat atau catatan penting.
22. Remove Formating : untuk menghapus format pada artikel, seperti Bullets atau Number list.
23. Check Spelling : digunakan untuk mengecek tata bahasa yang salah atau salah ketik.
24. Transliterate : sbenarnya nama tombol ini panjang, tapi yang jelas tmbol ini berfungsi seperti translate / penerjemah otomatis saat meulis artikel. Sepeti contoh jika agan menekan tombol ini, dan tuliskan kata ana dalam bahasa arab, maka yang terjadi adalah seperti ini
25. Choose Transiteration : untuk memilih bahasa yang akan digunakan Transliterate, seperti bahasa arab dan yang tersedia, sayangnya tidak ada bahasa inggris.
26. Left-to-right : seperti namanya, tombol ini berfungsi untuk menulis artikel dari kiri ke kanan.
27. Right-to-left : kebalikan dari left-to-right, tombol ii berfungsi untuk menulis artikel dari kanan ke kiri.
28. Kotak penulisan artikel : tempat dimana agan akan menulis sebuah artikel. Dan disini agan bisa menuangkan semua yang ada di pikiran agan, yang mana nantinya akan agan tulis dalam bentuk artikel dan dapat dilihat dan dibaca oleh semua orang.

Jadi, seperti itulah fungsi dari icon icon yang ada pada post editor. Sekarang kita beralih pada tab sebelah kanan. Yaitu, setelan entri.

Setelan Entri


Untuk yang satu ini, namanya setelen entri. Yups sesuai namanya, disini kita dapat menyesuaikan pengaturan postingan artikel dengan mudah dan cepat.
Untuk penjelasannya, silahkan baca lanjutan dari artikel ini.

Keterangan Setelan Entri =
1. Label : digunakan untuk memberikan label pada artikel. Contoh, pada artikel mimin yang berjudul “Cara Menulis Artikel Di Blogspot” mimin beri label “Tutorial Blog”. Atau “Panduan Cara Menuis Artikel DI Blogspot”, dengan label “Tutorial Blogging”.
Oh ya, dalam member label, agan bisa memeberikan lebih dari satu label pada satu artikel. Caranya tulis labelnya, dan pisahkan dengan koma untuk menambahkan lebih dari satu label.
2. Jadwal : tombol ini berfungsi untuk memberikan jadwal atau waktu penerbitan artikel sesuai yang agan inginkan.
Jadi, jika agan tidak ingin postingan agan terbit terlebih dahulu, atau agan ingin post itu terbit besok atau kapan. Agan bisa memberikan jadwal pada artikel agan.
3. Tautan Permanen : digunakan untuk mengatur link artikel yang akan agan publikasikan.
4. Lokasi : digunakan untuk menentukan lokasi agan.
5. Pilihan :  Tombol pilihan ini terdapat beberapa pengaturan, yang berfungsi untuk mengatur komentar pada artikel diizinkan atau tidak, penafsiran HTML, dan juga perintah enter untuk baris baru.

Nah, itulah semua fungsi fungsi icon yang terdapat pada fitu blogspot. Yang nantinya akan agan gunakan untuk menulis dan membuat artikel.

untuk penulisan artikel, agan bebas menulis apapun sesuai keinginan agan. Baik itu artikel yang menarik, yang panjang, yang singkat.

Itu semua terserah agan dan tergantung kepada agan, si pemilik blog #asal jangan menulis artikel yang terdapat unsur porno :v

Untuk saran, memang menulis artikel yang baik dan menarik itu diperlukan. Karena artikel yang menarik dan juga baik, akan mendatangkan pengunjung yang baik pula.

Masih bingung !

Ok, ini penjelasan singkatnya….

Yang dibutuhkan untuk menulis artikel :
1. Akun Blogger
2. Ide
3. Pc / laptop. Bisa juga menggunakan Hp Android
4. Jaringan internet

Langkah menulis artikel :
1. Login di www.blogger.com
2. Tekan tombol pen, seperti yang sudah saya jelaskan.
3. Mulailah menulis artikel di halaman yang sudah disediakan. Jangan lupa beri judul artikelnya.
4. Jika sudah, tekan tombol publikasikan.

Bagaimana, mudah dan cepat sekali bukan. Yah memang bagi sebagian orang awam, masih perlu penyesuaian.

Baca Juga : Cara Mengganti Tampilan Template Di Blog

Dan, jika langah dan icon – icon tersebut sudah agan pahami dengan betul. Maka agan, dapat membuat artikel yang sekreatif mungkin.

Agan juga dapat mempelajari beberapa tips untuk menulis artikel di blog. Untuk tips tipsnya, mungkin akan saya share jika ada waktu.

Sekian panduan dari mimin. Please share artikel saya jika bermanfaat. Dan apabila ingin copas silahkan, namun harus mencantumkan sumber link artikel. Ok, terimakasih

0 Response to "Cara Menulis Artikel Di Blogspot Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel